Bagaimana Cara Belajar Yang Efektif

1:35:00 AM

Belajar efektif dapat membuat kita mendapatkan hasil yang maksimal dar suatu proses pembelajaran. Jika membahas tentang bagaimana cara belajar yang efektif, tiap orang pasti akan berbeda-beda jawabannya, setiap orang punya bakat dan kemampuan yang berbeda untuk masing masing individu, oleh karena itu cara belajar efektif yang bagaiamana yang tepat untuk kita, maka kita lah yang bisa mengetahuinya, orang lain cuma membantu untuk mengenalkan sistem belajar yang kaya apa, lha kita yang milih mo gunakan yang mana.

Dipercaya bahwa belajar efektif akan terjadi ketika kita tidak menyadari bahwa kita sedang belajar, oleh karena itu sangat marak diperkenalkan sistem belajar yang menggunakan cd pembelajaran, menempatkan objek belajar ke dalam bentuk visual, sehingga memancing minat yang besar untuk mempelajarinya. Misal, dalam dongeng dongen jaman dahulu, disitu disisipkan tentang moral akhlak yang baik, dan tanpa sadar itu merupakan pembelajaran yang efektif untuk menanamkan nilai nilai moral kepada anak anak, ini juga di terapkan ke dalam film anak anak seperti Upin dan Ipin, ketika anak menonton upin dan ipin, anak anak tidak sadar bahwa mereka sedang mendapatkan pelajaran tentang akhlak yang baik yang ada dalam film tersebut, juga tentang ajaran islam yang sering juga ada dalam film tersebut.

Demikian juga sebaliknya, ketika anak anak menonton film yang mengandung aura seks dan pergaulan bebas, maka secara tidak sadar mereka diajari tentang itu semua, dan karena penggunaan media adalah salah satu cara belajar yang efektif, maka tidak mengherankan jika kemudian anak-anak mengambil pelajaran yang keliru dari pelajaran jelek film tersebut.

Cara belajar efektif yang lainnya, misal untuk menghapal, dengan penggunan singkatan akan memudahkan kita untuk menghapal. Misal kalau kita lihat dalam sistem periodik kimia golongan satu, disitu terdapat unsur unsur : H, Li, Na, K, Rb, Cs, dan Fr, untuk menghapalkan itu kadang kita mengalami kesulitan, maka kita bisa menggunakan singkatan untuk objek yang dihapalkan, untuk golongan 1 tersebut, bisa kita singkah menjadi HeLiNa KawinRobi Cs Frustasi. Lebih mudah mana menghapalkan H, Li, Na, K, Rb, Cs Fr dengan Helina Kawin Robi Cs Frustasi ????

Cara belajar efektif yang lainnya, misal ada orang yang selalu belajar berpindah pindah, misal ketika dia mempelajari suatu paragraf atau bab katakanlah, dia belajar di ruang tamu, tetapi ketika memasuki bab atau paragraf berikutnya dia pindah ke dapur, hal ini saya pernah coba, dan ketka soal itu keluar, saya ingat dimana saya mempelajari itu, dan ingatan ini akan membantu kita untuk mengungkit kembali apa yang pernah kita pelajari di ruang tersebut.

Dan ada banyak lagi cara belajar efektif yang lainnya yang bisa anda terapkan, kenali lah bagaimana cara belajar efektif untuk Anda yang bisa membuat kegiatan belajar anda semakin menyenangkan.

Artikel lain :

You Might Also Like

1 komentar

  1. maaf mas saya sudah taruh link mas di blog saya tapi kok link saya belum di pasang

    link saya : http://ekablacks.co.cc

    anchor text : eka black

    di tunggu mas

    ReplyDelete

Followers