Ketika Kita Bisa Membeli Proses Menjadi Sukses

Ketika kita bisa membeli proses-proses untuk menjadi sukses, itu berarti kita membeli pengalaman orang lain, mereka yang bekerja dan merintis, kita tinggal menikmatinya. Dalam sebuah bisnis tentu saja ini adalah sebuah peluang yang menggiurkan, dimana nama besar sudah tercipta, dan image baik di masyarakat telah terbentuk. Kita hanya perlu membeli untuk mendapatkan semua itu.

Bisnis apa itu ? yaitu bisnis waralaba, Anda tentu sudah akrab dengan yang namanya waralaba, karena begitu banyak bisnis retail-retail di pelosok-pelosok kota yang menggunakan sitem waralaba ini, Apa waralaba itu ? Dalam wikipedia, disebutkan bahwa waralaba adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sistem waralaba ini adalah sebuah sistem yang saling menguntungkan. Kenapa demikan ? Untuk si pembeli waralaba, dia memperoleh hak untuk menjual sebuah produk atau jasa yang sudah sangat terkenal di masyarakat. Jadi dia tidak perlu bersusah susah untuk menciptakan image untuk merk dagang yang dia jual, karena toh merk dagang yang dia jual sudah berhasil melewati proses tersebut, sehingga dia tinggal melakukan promosi untuk tempat dimana dia menjalankan bisnis waralaba itu sendiri.

Sedang untuk merek dagang yang menjual waralaba, maka semakin banyak orang yang membeli waralaba, itu akan semakin membuat nama dagangnya menjadi lebih banyak dikenal oleh orang lain, Selain itu juga memperkecil biaya produksi, jika semakin banyak barang yang diproduksi, maka bukankah nilai produksinya akan menjadi semakin rendah dibandingkan jika dia memproduksi barang dalam jumlah yang jauh lebih kecil ?

Antara franchisor dan pembeli waralaba adalah saling berhubungan, franchisor harus mengusahakan bahwa pembeli waralaba bisa menjalankan bisnisnya dengan baik, karena dia memakai nama besar merk dagang mereka. Jika Pembeli waralaba bisa melakukan penjualan dengan baik dan memiliki nama baik untuk pelanggan-pelanggan mereka, ini akan berefek kepada nama dagang tersebut. Jadi sudah tentu bila franchisor akan mengdakan training-training untuk pelaku bisnis waralaba dan juga training karyawan yang akan bekerja di sana, untuk setidaknya karyawan-karyawan tersebut bisa melakukan standar pelayanan sesuai dengan standar pelayanan perusahaan.

Sistem waralab ini adalah sitem yang sangat bagus untuk kedua belah pihak, baik untuk franchisor maupun pembeli merk dagang. Jadi tidak kah anda ingin meluaskan jaringan pasar bisnis anda dengan sistem waralaba ?

Artikel Lain :

Comments

  1. Setuju... mantabs dech artikelnya
    Dengan join menjadi salah satu bagian dari bisnis waralaba biasanya tingkat keberhasilannya lebih mengena.

    ReplyDelete
  2. waralaba memang menjadi sebuah alternatif bisnis yang cerdas

    ReplyDelete
  3. bagus sekali artikelnya sob, penuh dengan inspirasi bagi para pencari ide bisnis seperti saya..

    ReplyDelete
  4. @digital Baca : Hu uh apalagi bisnis retail waralaba saat ini sedang naik naiknya :D
    @Om agus : Tapi waralaba biasanya modalna juga gede lho Om hehehehe :D
    @Blog buat bisnis : makasih :D sukses untuk bisnisnya

    ReplyDelete
  5. belum mudeng alias belum nyambung dengan bisnis yang kayak gini,hehehe maklum gaptek

    ReplyDelete

Post a Comment