Tips Memelihara Ikan Mas Biasa Di Akuarium

Setalah kemaren saya menulis tentang hobi saya pada artikel yang berjudul "Nikmatnya Di Dapur" Kali ini juga saya akan menulis hobi baru lagi, yaitu suka sama ikan hehehe. Ndak tahu beberapa waktu kemarin saya kok kepikiran untuk membersihkan akuarium yang sudah lama ndak dipakai ya. Tapi karena kesibukan akhirnya ketunda terus, dan ketika mendapatkan hari libur, langsung dah akuarium itu kubersihkan. Sok gosok bilas sok gosok bilas, nah setelah selesai aku pun pergi ke kota hohohoho..

Tujuanku ke kota adalah ke penjual ikan, mau kusebut toko ikan hias kok kayak gimana gitu, soale di kecamatanku ada 2 penjual ikan, tetapi tidak tokoan, cuma pake gubug bambu, lalu ada akuarium akuarium, dan banyak sekali ikan. Meskipun jenisnya terbatas. Seperti ikan cupang, ikan mas, ikan mas koki, dan beberapa jenis lainnya. Akhirnya setelah melihat lihat, jadi deh saya ambil satu perangkat pompa akuarium, saringan air seharga 70 ribu kalau gak salah ingat, lalu 4 ekor ikan seharga 10 ribu. Dan mulai hari itu dirumahku di depan telah ada pemandangan baru 2 ekor ikan patin dan 2 ekor ikan mas berlenggak lenggok di dalam akuarium ku. Dan efek yang kurasa adalah, aku jadi seneng duduk di depan akuarium itu dan memandangi gerakan gerakan ikan dalam akuarium. 

Lalu tentu saja saya ingin agar ikan yang aku rawat dapat panjang umur maka segera saya menggunakan operamini dari hp cina ku mencari brwosing tentang cara-cara memelihara ikan mas biasa dalam akuarium. Beberapa dari yang saya baca adalah sebagai beriukut :

  1. Memberi makan jangan banyak banyak, karena kala makanan ndak diabisn sama tu ikan, maka makanan akan menjadi basi, dan dari situ bisa menjadi zat zat yang akan merugikan kesehatan ikan.
  2. Menguras akuarium itu jangan sampai habis airnya, disisakan 1/3 katanya ini dimaksudakan agar ikan bisa lebih mudah beradaptasi dengan akuarium yang baru saja dikuras. Dan jangan sering sering dikuras, setidaknya satuu atau dua minggu sekali saja.
  3. Filter sangat di perlukan untuk menjaga kebersihan air.
  4. Kalau ikan mas koki katanya butuh gelembung, hihi jadi ingat film Fending Nemo, dia kan punya teman pas ditangkap di taruh di akuarium yang sangat seneng dengan gelembung. Gelembung gelembung gelembung.
  5. Jangan kena cahaya matahari akuariumnya, karena akan lebih mempercepat pertumbuhan lumut apa ganggan ya,
Nah itu tadi beberapa tips memelihara ikan mas dalam akuarium yang masih saya ingat, dan ini saya masih mempraktikannya, meskipun satu ikan patinnya sudah meninggal :( Buat yang baca sampai disini terima kasih ya :)

Comments