Tips Cara Menghemat Listrik Hemat Energy

2:28:00 AM

Sudahkah kita menghemat listrik di rumah ? Pasti banyak yang sudah menghemat listrik kan ? Karena menghemat listrik itu berarti hemat energy dan kita sudah ikut berperan dalam isu global yaitu global warning dan kelangkaan sumber energy, oleh karena itu marilah kita menghemat listrik sebagai wujud untuk hemat energy, karena kita tahu energy minyak bumi adalah terbatas, oleh karena itu kita harus lebih hemat energy. Anda bisa menambahkan lewat kolom komentar tentang tips cara-cara anda menghemat lsitrik ?

Hemat Listrik Hemat Energy juga Hemat uang hehehe, kenapa demikan karena dengan menghemat lsitrik kan berarti kita bisa menghemat pembayaran rekening listrik kita kan ? Tips menghemat listrik disini saya tulis beradarkan informasi yang saya tahu, jadi silahkan anda mencari referensi lain mengenai tips-tips untuk menghemat listrik. Langsuung saja, inilah dia beberapa tips cara menghemat listrik :

  1. Tips menghemat listrik yang pertama adalah dengan menggunakan alat elektronika yang hemat energy, baik lampu hemat energy maupun Ac dan lain lain, biasanya ada tulisan energy saving, Memang sih untuk yang hemat energy, maka harganya lebih mahal. Pernah saya pengalaman ketika membeli AC, maka saya diberikan pilihan mau yang AC hemat listrik atau AC yang biasa, dan AC Hemat listrik sama yang tidak selisih cukup jauh, kalau gak salah waktu itu selisih 1 jutaan lebih. Lalu untung mana meggunakan Ac hemat listrik ama yang tidak ? Silahkan dihitung sendiri, kalau selisihnya kedua AC minsal 1 juta, maka silahkan hitung juga selisih pemakaian listrik perbulan. Kalau selisih harga pemakaian listrik sampai 100 ribu perbulan, dalam setahun kan kita bisa menghemat 1.200 ribu :) nah kalau 2 tahun ? Jadi lebih hemat mana antara memakai AC hemat listrik ama AC yang tidak hemat listrik ?
  2. Untuk pemakaian AC baik AC yang hemat lsitrik atau tidak, sebaiknya kita sesuaikan dengan kebutuhan ruangan, maksudnya sesuaikan luas ruangan dengan daya AC, ini akan membantu kita untuk menghemat lsitrik juga. Silahkan tanyakan yang ahlinya, ruangan njenengan itu sebaiknya mengguakan AC yang berapa PK ?
  3. Jangan sering buka tutup Lemari Es, atau malah membiarkan lemari es terbuka semalaman, maksudnya adalah tidak tertutup dengan rapat. Kenapa menutup lemari es rapat dan tidak sering membuka tutup lemari es bisa menyebabkan hemat listrik ??? Ada yang tau ??
  4. Lanjut ke tips menghemat listrik selanjutnya adalah, gunakan lampu tidur ketika mau tidur, matikan lampu utama.
  5. Nah ini buat yang sering mendengar kan lagu lewat komputer, untuk menghemat pemakaian listrik sebaiknya meikirkan untuk menggunakan HP kita untuk memutar musik, jadi kita tidakperlu menyalakan komputer dan menghidupkan monitor kalau hanya untuk mendengarkan musik dirumah. Cukup HP dan speaker, lebih irit mana hayoo listriknya ?
  6. Tips berikutnya adalah dengan menggunakan slow star, ini bisa di masukkan sebagai alat untuk menghemat listrik. Karena akan mengurangi daya pemakaian pada awal alat listrik dinyalakan. Maaf kalau salah. Pernah rumah teman saya dengan daya 450 ketika monitor tabung dinyalakan, maka lampu rumahnya njegleg alaias tidak kuat, tetapi setelah membeli alat menghemat listrik slow star, dan monitor tersebut menggunakan slow star, maka masalah listrik njegleg tidak terjadi lagi.
  7. Ngomong-ngomog soal monitor, kok saya jadi inget tentang informasi bahwa monitor LCD lebih hemat listrik dari pada monitor tabung ? Bener ndak ni ? Nah kalau bener mungkin sudah saatnya mengganti monitor tabung dengan monitor LCD agar bisa meghemat pemakaian listrik di rumah. Mungkin TV juga ya.
  8. Lalu tips untuk cara menghemat listrik berikutnya yang mungkin tips ini susah dilakukan untuk orang yang malas adalah jangan menyetrika baju satu satu, artinya menyetrika baju hanya kalo mau dipake, untuk bisa menghemat listrik, silahkan menyetrika baju lebih banyak sekaligus. Kenapa hayooo ?
  9. Dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan sebagai cara menghemat listrik di rumah kita agar bisa menghemat tagihan listrik.
Itu tadi adalah beberapa tips atau cara yang bisa kita gunakan sebagai cara menghemat pemakian listrik di rumah, karena dengan menghemat listrik kita bisa menghemat tagihan pembayaran listrik, lumayan kan kalau tagihan pembayaran listrik kita jadi lebih kecil ? Oh iya buat blogger, agar mendukung hemat pemakaian listrik, kita bisa lho menggunakan tampilan blog kita dengan warna gelap. Karena saya pernah membaca bahwa warna terang akan membuat pemakaian listrik lebih banyak. Nah lhoo jadi silahkan ganti warna blog kalian dengan yang gelap gelap ya agar yang dirumah bisa hemat listrik hehehe.

Silahkan tambahkan tips-tips untuk menghemat lsitrik di rumah, karena saya yakin masih banyak cara-cara lain yang bisa digunakan untuk menghemat pemakaian listrik dirumah, tapi cara menghemat listriknya yang bener ya, jangan nyurangi alatnya Hehehehe :p Ayo hemat listrik, Hemat Listrik Hemat Energy Hemat Tagihan Listrik dan Hemat Uang :p

You Might Also Like

1 komentar

  1. Bagus artikelnya. Blognya juga keren. keep posting

    ReplyDelete

Followers