Follow by Email

Followers

Kita Butuh Kemampuan Berdiplomasi

12:53:00 PM

Diplomasi ternyata tidak dilakukan oleh para negarawan saja, tetapi hal ini sering kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sebetulnya apa sih diplomasi itu ?? Dari kamus bahasa indonesi online, Diplomasi mengandung pengertian :
  1. urusan atau penyelenggaraan perhubungan resmi antara satu negara dan negara yg lain
  2. urusan kepentingan sebuah negara dng perantaraan wakil-wakilnya di negeri lain
  3. pengetahuan dan kecakapan dl hal perhubungan antara negara dan negara
  4. cak kecakapan menggunakan pilihan kata yg tepat bagi keuntungan pihak yg bersangkutan (dl perundingan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dsb);
    -- bersenjata diplomasi dng dukungan angkatan bersenjata; -- budaya diplomasi melalui pengenalan dan pemahaman pelbagai hasil seni budaya; -- megafon Pol diplomasi saling meneriakkan sikap keras, tuduh-menuduh, ancam-mengancam pihak yg bermusuhan; -- preventif Pol diplomasi yg berusaha mencegah campur tangan langsung negara besar dl krisis yg timbul di dunia ketiga; -- terbuka diplomasi yg dilaksanakan tanpa kesepakatan rahasia;
    ber·dip·lo·ma·si v 1 menyelenggarakan urusan perhubungan antara negara dan negara; 2 cak menggunakan pilihan kata dan kalimat yg tepat bagi keuntungan pihak yg bersangkutan (dl perundingan dsb)
Jadi dari pengertian diatas, bisa dilihat bahwa diplomasi juga memiliki arti "kecakapan menggunakan pilihan kata yg tepat bagi keuntungan pihak yg bersangkutan (dl perundingan, menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, dsb)" Ini yang sering kita lakukan.

Sebagai pebisnis sejati, tentunya harus menguasai hal tentang diplomasi, sehingga bisa menghadapi hal-hal sulit seperti ketika kita dalam posisi tersudut, dan juga keadaan menjadi tidak memihak kepada kita. Lalu, bagaimana cara mengembangkan kemampuan diplomasi kita ? Inti dari diplomasi adalah menghadapi orang, jadi kita harus bisa menguasai tentang teknik dasar menghadapi orang ? Bagaimana membuat orang tersebut bisa menjadi mau mengikuti keinginan kita, tanpa kita melakukan hal-hal negatif kepada kita (paksaan, ancaman dan lain-lain). Sudah banyak buku yang menuliskan tentang bagaimana cara bersikap yang baik dalam menghadapi orang, dan bahkan para motivator mengatakan bahwa kesuksesan diawali dari sikap kita, termasuk bagaimana sikap kita terhadap orang lain. Tidak ada salahnya jika kita membeli beberapa buku tersebutdan membacanya untuk mengembangkan kemampuan diplomasi kita, karena ternyata kita butuh kemampuan diplomasi.

You Might Also Like

0 komentar