Jangan Ada Kata Seandainya Ketika Kita Menyesali Masa Lalu

Dalam kehidupan seseorang, mungkin dia pernah memiliki kesalahan dalam masa lalunya dan menyesali, ketika pada saat seperti itu, jangan ada kata seandainya dulu aku begini, seandainya dulu aku begitu, tetapi katanlah bahwa takdir Allah telah ditetapkan, dan beristigfarlah meminta Ampunan dari Nya, dan kuatkan hati dan meminta pertolongan Allah agar kita untuk tetap bisa berjalan dengan beban kesalahan dari masa lalu tersebut.

Degan menyesali masa lalu kita, ini akan membuat kita berbuat lebih baik lagi kedepannya, namun jangan kemudian kita berandai andai seandainya dulu begini, seandainya dulu saya begitu. Salah satu rukun iman dalam Agama Islam, adalah percaya kepada qoso dan qodar dari Allah yang baik maupun yang buruk. Dan jika sesuatu hal telah terjadi, kita harus mempercayai bahwa itu adalah qodo dan qodar yang telah ditetapkan untuk kita. Dan sebagai seorang hamba, kita harus tunduk dan pasrah kepada Tuhan kita.

Meminta ampun agar Allah melepaskan beban kesalahan masa lalu kita pada diri kita, penolakan pada diri kita justru akan membuat beban itu semakin berat, karena apa yang sudah terjadi tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Kita harus percaya bahwa itu adalah kesalahan kita, dan sisa hidup kita adalah kesempatan yang harus kita gunakan untuk memperbaiki kesalahan masa lalu kita. Hingga sampai akhirnya kita kembali kepada Nya yang telah menciptakan kita.

Hingga jika saat itu tiba, tidak ada lagi penolakan pada diri kita, dan kita berharap bisa kembali kepada Nya tanpa penolakan pada diri kita. Maih banyak yang harus kita syukuri dengan keberadaan kita di dunia ini. Well, semangat lah, dan teruslah berdoa ya

Comments