Jangan Matikan Jiwa Bisnis Anda

Anda seorang karyawan ? pernahkah anda berpikir tentang memiliki sebuah usaha sendiri ? Wow selamat, itu artinya anda memiliki jiwa bisnis dalam diri anda. Tetapi kebanyakan mereka mematikan jiwa bisnis mereka karena rasa ketakutan. Yaitu rasa ketakutan untuk rugi.

Jatuh banguun dalam bisnis adalah merupakan suatu hal yang lumrah. Beberapa tahun yang lalu saya memiliki tetangga yang sukses berbisnis warung makan di Jakarta. Tetapi sekarang saya dengar dia kembali pulang ke kampung halaman dan mulai berdagang di kota kelahirannya. Well.. itulah bisnis. Jika anda melihat orang yang rugi dalam bisnis kenapa anda tidak melihat orang yang sukses dalam  bisnis. Jika anda berpikir bagaimana jika bisnis anda rugi, kenapa anda tidak mencoba berpikir bagaimana kalau bisnis anda menguntungkan dan anda mendapatkan banyak uang dari bisnis yang anda coba geluti ?

Saya memiliki seorang kenalan baru, dia adalah pemilik sebuah warung soto terkenal di kota saya, dia menceritakan bagaimana awalnya dia memulai bisnis warung sotonya. Mulai dari warung kecil, sampai dia berkali kali berpikir untuk bekerja lainnya. Tetapi semangat dalam dirinya bisa di bangkitkan oleh dirinya lagi, dan akhirnya saya bisa melihat sebuah warung soto yang selalu ramai dengan bangunan yang besar di pinggir jalan pantura. 

Ketakutan dalam bisnis itu wajar, seperti seorang yang menyukai wanita, ketika dia mau melamarnya dia takut untuk di tolak. Dan jika dia tidak berani melamar wanita tersebut maka peluang untuk mendapatkan wanita idaman hatinya kemungkinan tidak akan terbuka. Akan berbeda jika dia membulatkan hati untuk melamar gadis pujaan hatinya,  peluang dijawab dengan ya adalah 50  berbanding 50. Itu artinya ada kesempatan untuk mendapatkan wanita idaman hati tersebut.

Begitu juga ketika anda akan berbisnis, akan memulai sebuah usaha, bagaimana jika anda tidak jadi melakukan, kemungkinan sukses dari usaha yang anda bayangkan adalah nol. Jika anda melakukan maka kemungkinan sukses usaha anda tersebut adalah 50 berbanding 50. Itu berarti ada peluang usaha anda akan berhasil. Bagaimana jika ternyata usaha anda gagal. pasti anda akan mendapatkan banyak ilmu dari proses yang sudah anda lakukan. 

Untuk lebih meminimalisirkan kegagalan calon usaha anda, sebaiknya anda pelajari tentang seluk beluk usaha yang akan anda buka tersebut. Kemudian kalkulasi modal, dan jangan menggunakan semua modal untuk sebuah usaha. Seperti kata kata "jangan menaruh semua telur dalam satu wadah" kalau wadah itu terjatuh, bisa jadi semua telur pecah.  Well jadi, jangan matikan jiwa bisnis anda. Kalkulasi, dan Ambil kesempatan itu, Semoga sukses ya.

Comments