Memperbaiki Power Windows Central Lock Jazz Tahun 2005

12:41:00 AM

Beberapa waktu yang lalu ada seorang teman bertanya melalui WA tentang kerusakan pada mobilnya, yang pertama adalah mesin pincang, Lampu dekat mati, kemudian Power windows tidak jalan atau mati, lalu central lock pintu kiri depan dan belakang mati, mobilnya adalah Jazz Tahun 2005. Lalu saya suruh aja dia bawa Jazznya untuk di coba di perbaiki kerusakannya tersebut, akhirnya janjian pada hari Ahad. 

Pada hari ahd berikutnya dia datang membawa mobil jazznya, lalu setelah ngobrol bentar mulai saya dan teman saya mengecek kerusakan mesin, power windows dan central lock pintu mobil jazz tersebut, dan hasilnya adalah mesin pincang karena 2 buah koilnya putus. Padahal mobil itu baru beli second, kalau coil putus ya, harus diganti lha wong coilnya itu tugel tel kepala koil dan kabel koil yang kebusi, tentu saja ada kebocoran disana, jadi kami menyarankan agar diganti saja.  Berikutnya power windows jazz kiri nya mati, ternyata kerusakan pada saklar power windows central nya.  Feeling teman saya kotor di saklar power windows central, sebelum dibuka saklarnya dan di bersihkan maka kami mencobanya dengan menyemprot pembersih karat kalau gak salah yang ada tulisannya 4WD, dan alhamdulillah setelah dipasang kembali power windows mobil jazznya yang tadinya mati tidak mau turun kalau dioperasikan dari saklar power windows central bisa berjalan naik dan turun dengan lancar.


Setelah power windows bisa normal lagi, kemudian giliran memperbaiki central lock pintu depan kiri dan kanan, setelah di cek di mobil jazz nya, ternyata untuk soket central locknya arusnya masih sampai ke motoran central lock pintu depan kiri, jadi setelah kami berpikir ada kemungkinan motor nya yang rusak, jadi kami konsultasi ke teman saya tadi, lalu disetujui untuk dipasang actuator central lock variasi, dan alhamdulillah pintu depan kiri sudah bisa berfungsi untuk mengunci dan membuka dengan remote central lock.

Kemudian giliran pintu belakang setelah dibuka ternyata mekanik central lock orinya lepas, dan akhirnya kami putuskan untuk membongkar mekanik central locknya dan dipasang dibawah, kalau mau masang di pintu sulit untuk memasukkannya, dan alhamdulillah sudah bisa berfungsi kembali dengan normal. Sementara lampu yang mati hanya ada yang kendo dibagaian saklar lampunya. 

Seneng banget rasanya bisa memperbaiki mobil jazz temenku itu, jadi kepikiran buka bengkel heeee.....
Saya share pengalaman saya memperbaiki mobil sedan jazz temen saya ini siapa tahu ada teman teman yang mengalami masalah yang sama, semoga bermanfaat. Terima kasih. Oh iya, awalnya saya bingung ketika membuka door trime pintunya, ternyata ada pin kalau gak salah 3 buah dibawah pegangannya yang harus dilepas dulu, sementara di handle pembuka ada 1 buah baut cun yang harus dilepas.

You Might Also Like

0 komentar

Followers