Follow by Email

Followers

Hari Ke 5 Membuat Konten Video Youtube Dengan Video Lisensi CC

5:44:00 AM

Kemarin, saya menulis artikel tentang cara membuat konten video untuk youtube, disitu saya menuliskan bagaimana cara saya membuat video untuk konten chanel youtube saya dengan membuat sebuah video slide yang diambil dari gambar gambar di situs pixabay.com, nah kali ini, saya menulis hasil belajar saya tentang bagaimana cara memiliki konten video di youtube tanpa membuat video dari awal. Tetapi memanfaatkan video yang sudah ada untuk di monetismekan.

Setiap video yang dibuat dan diupload memiliki lisensi, salah satu dari lisensi tersebut adalah lisensi CC (Creative Commons). Di wikipedia, disebutkan tentang lisensi creative common seperti saya kutip dibawah ini :
Lisensi Creative Commons adalah beberapa lisensi hak cipta yang diterbitkan pada 16 Desember 2002 oleh Creative Commons, suatu perusahaan nirlaba Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 2001. Banyak di antara lisensi-lisensi tersebut, terutama lisensi original, yang memberikan "hak dasar" [1], seperti hak untuk mendistribusikan karya berhak cipta tanpa perubahan, tanpa biaya apapun. Beberapa lisensi yang lebih baru tidak memberikan hak tersebut. Lisensi Creative Commons saat ini tersedia dalam 34 yurisdiksi yang berbeda di seluruh dunia, dengan sembilan lainnya dalam tahap pengembangan [2].
Untuk membaca selengkapnya bisa berkunjung disini,  Sedangkan untuk lisensi CC ada 6 tingkat, silahkan di baca sendiri di halaman yang sudah saya tunjukkan tadi ya, nah jadi kalau anda bisa menemukan video dengan lisensi CC, maka setahu saya kita bisa meremik ulang menjadi video kita, dengan menggunakan remix video dari youtube, maka video asli teta mendapatkan atribusi berupa link ke video asli tersebut, sehingga secara tidak langsung dengan meremix video berlisensi cc atribution dengan video editornya youtube, kita mengakui bahwa itu bukan karya kita, sumber video asli akan di cantumkan dalam atribution di video yang kita buat. Silahkan mencari referensi lain tentang lisensi CC ini, buat jaga jaga jika ternyata saya keliru.

Tentu saja ini keuntungan buat saya, karena dengan meremix video berlisensi CC ini, saya berharap tidak akan timbul masalah ketika hasil remix video tersebut kita monetisasi kan, ini berbeda dengan kita download videonya, lalu kita upload video tersebut dengan akun youtube kita. Berikut ini adalah salah satu video yang saya remix menggunakan video editor youtube :)


You Might Also Like

0 komentar